Setianatapraja24

Bagian Bagian Mata Beserta Fungsinya

Alat Optik Mata Dan Fungsinya




Mata adalah bagian yang sangat pentng,karena mata adalah salah satu panca indra mata.

Berikut Bagian bagian mata beserta Fungsinya :

1.Kornea
  Kornea adalah bagian terluar dari mata ,kornea memiliki karakteristik yang sangat kuat dan tembus cahaya.Fungsi dari kornea untuk menerima dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata dan memberikan perlindugan kepada bagian yang sangat sensitif pada mata yang ada di bawahnya.
Cahaya yang diterima Kornea akan di teruskan ke dalam retina.

2.Aqueous Humor
  Di bagian ini adalah sebuah lensa mata dan cairan kornea.Fungsinya adalah membiasakan cahaya di bagian dalam mata.

3.Lensa Kristalin
  Lensa mata ini mempunyai sebuah peran yang sangat penting yaitu mengatur letak bayangan agar jatuh tepat di titik kuning.Fungsinya untuk memfokkuskan cahaya dan menneruskan supaya jauh tepat di retina.

4.Pupil
  Bagian ini adalah celah yang terbentuk akibat iris,.Fungsi dari celah ini adalah tempat masuk cahaya.Sedangkan fungsi dari pupil ialah mengatur jumlah cahaya yang masuk.letak pupis di tengah iris.

5.Otot Mata
  Otot ini berfungsi untuk mengatur besar kecinya lensa . Selain itu juga berfungsi sebagai penyangga lensa kristain.

6.vitreus Humor
  Bentuknya vitereus seperti caira being dan biasanya mengisi rongga mata.Fungsinya untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju keretina.

7.Vireus Humor
  Bentuk ini seperti cairan bening dan biasanya mengisi rongga mata. Memiliki fungsi meneruskan cahaya dari lensa menuju ke retina

8.Retina
   Retina adalah lapisan yang terdapat pada nagiam belakang dinding bola mata,disitu tempat bayangan akan dibentuk. Fungsinya adalah untuk menerima cahaya dan kemudian meneruskan sampai ke saraf mata.

9.Bintik Kuning
  Lengkungannya yang terdapat di retina dan merupakan bagian yang paling peka.

10.Saraf Optik
  Saraf optoik memiliki fungsi untuk meneruskan rangsangan cahaya yang datang dari retina menuju ke otak.Pada akhirnya kita dapat melihat suatu objek.






Setianatapraja24

About Setianatapraja24

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :